EN | ID BISNIS
Artajasa Siapkan Kapasitas Mesin Switching Hadapi Peningkatan Transaksi di ATM Bersama Menjelang Idul Fitri

Artajasa Siapkan Kapasitas Mesin Switching Hadapi Peningkatan Transaksi di ATM Bersama Menjelang Idul Fitri
Posted June 19, 2017

PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa), penyedia layanan sistem pembayaran terdepan dan pengelola layanan ATM Bersama menyiapkan beberapa langkah strategis dalam menghadapi peningkatan transaksi yang terjadi di ATM Bersama pada periode menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Bayu Hanantasena, Direktur Utama Artajasa mengatakan semakin mendekati Hari Raya Idul Fitri maka volume transaksi pun akan semakin naik. “Aktivitas transaksi perbankan semakin tinggi karena kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri meningkat. Terutama adalah untuk transaksi tarik tunai dan transfer antarbank melalui jaringan ATM Bersama. Peningkatan transaksi yang terjadi saat memasuki Bulan Ramadhan hingga mendekati Hari Raya Idul Fitri cukup signifikan, bahkan bisa mencapai rata-rata kenaikan hingga diatas 20% dibandingkan transaksi harian,” kata Bayu.

Untuk mengantisipasi tingginya peningkatan transaksi di ATM Bersama tersebut, sejak tahun lalu Artajasa telah menyiapkan peningkatan kapasitas mesin switching yang mengelola transaksi-transaksi di jaringan ATM Bersama. “Utilitas mesin switching ATM Bersama sendiri pada periode normal / hari biasa baru terpakai sekitar 10%. Khusus pada periode menjelang Hari Raya Idul Fitri, kami telah tingkatkan kapasitas mesin switching hingga enam kali lipat untuk dapat menampung sesuai dengan prediksi transaksi tersebut,” lanjut Bayu.

Sementara itu, Artajasa juga mendorong bank Anggota ATM Bersama untuk melakukan kegiatan Capacity Planning. Menurut Teddy Sis Herdianto, Direktur Teknologi Informasi dan Operasional Artajasa, “Capacity Planning sangat penting untuk dilakukan agar performansi sistem yang dimiliki bank-bank anggota ATM Bersama dapat meningkat sesuai dengan peningkatan transaksi di jaringan ATM Bersama. Sehingga apabila bank telah melakukan Capacity Planning secara rutin, maka bisa dipastikan bank tersebut telah siap menghadapi tingginya lonjakan transaksi pada libur Idul Fitri mendatang,” jelas Teddy.

Untuk menjaga agar kebutuhan transaksi perbankan masyarakat tetap terakomodir Artajasa juga melakukan komunikasi secara intensif dengan seluruh Anggota ATM Bersama. “Bersama dengan seluruh Anggota ATM Bersama, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan transaksi perbankan yang optimal di masa Hari Raya Idul Fitri. Untuk itu antara Artajasa dengan Anggota ATM Bersama sama-sama sepakat untuk menyiapkan tim helpdesk yang akan in-charge selama 24 jam guna memastikan jaringan ATM Bersama tetap termonitor dengan baik,” tambah Teddy.

Selain persiapan dari sisi jaringan ATM Bersama, Artajasa juga mendorong bank anggota untuk menyiapkan fitur Debit Online mengingat semakin tingginya awereness masyarakat akan transaksi Debit secara online yang dapat mengakomodir setiap kebutuhan transaksi perbankan serta tren transaksi perbankan ke depan arahnya menuju ke mobile banking dan internet banking. Selain itu pengembangan fitur Debit pun sejalan dengan rencana Bank Indonesia yang akan melakukan interkoneksi dan interoperabilitas ATM dan Debit prinsipal domestik. “Interkoneksi Debit merupakan langkah awal yang akan segera diimplementasikan dalam rangka pelaksanaan National Payment Gateway (NPG). Tentunya kami sangat mengapresiasi rencana yang diiniasi Bank Indonesia ini demi memberikan kemudahan kepada masyarakat akan transaksi pembayaran yang efektif dan efisien,” jelas Anthoni Morris, Direktur Bisnis Artajasa.

Dalam kesempatan tersebut, Artajasa juga sekaligus memperkenalkan Jajaran Manajemen Artajasa yang baru terpilih berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diadakan di awal bulan Mei 2017 lalu, yaitu:

  1. Bayu Hanantasena sebagai Direktur Utama
  2. Anthoni Morris sebagai Direktur Bisnis
  3. Teddy Sis Herdianto sebagai Direktur Teknologi Informasi dan Operasional
  4. Nawawi sebagai Direktur Keuangan dan SDM

Dengan hadirnya Jajaran Manajemen Artajasa yang baru ini diharapkan akan semakin memperkuat eksistensi Artajasa sebagai perusahaan terdepan di industri sistem pembayaran nasional.

****

Tentang Artajasa

PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) merupakan pionir dalam penyedia jaringan infrastruktur sistem pembayaran di Indonesia. Sejak berdiri pada tanggal 10 Februari 2000, Artajasa fokus menggarap pasar transaksi elektronis di Indonesia. Salah satunya adalah layanan ATM Bersama yang merupakan layanan infrastruktur sistem ATM yang dapat digunakan bersama oleh beberapa bank sehingga nasabah bank tersebut bisa menggunakan fasilitas bank lain yang tergabung dalam jaringan tersebut. Saat ini, ATM Bersama telah beranggotakan 91 institusi, yang terdiri dari bank pemerintah, bank swasta nasional, bank asing, bank BPD seluruh Indonesia, BPR, dan Lembaga Selain Bank (LSB) dengan terkoneksi di lebih dari 77.000 terminal ATM yang tersebar dari Aceh sampai dengan Papua.

Artajasa juga menyediakan solusi Online Payment bagi penerbit tagihan (billing provider), seperti jasa telekomunikasi, multifinance, penerbit kartu kredit, energi, pendidikan dan asuransi yang memungkinkan para penggunanya melakukan pembayaran tagihan. Saat ini lebih dari 65 institusi telah tergabung ke jaringan Online Payment Artajasa sebagai collecting agent dan 90 institusi bergabung menjadi billing provider, dengan total titik pembayaran mencapai lebih dari 150 ribu titik di seluruh Indonesia.  

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi :
Zul Irfan
Vice President Corporate Secretary
PT Artajasa Pembayaran Elektronis

Telp    : 021 2970 6789
Fax    : 021 2917 7001
Email    : zul.irfan@artajasa.co.id